Logo WhatsApp
CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 17-12-2022 13:00:44 4 Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Anak

Kolesterol adalah zat lemak yang berasal dari hati. Selain itu, kolesterol juga terdapat pada beberapa makanan. Tubuh menggunakan kolesterol untuk membuat sel, vitamin dan hormon.

Namun, kolesterol tinggi dapat menimbulkan masalah bagi orang-orang dari segala usia. Ada dua bentuk utama kolesterol, yaitu lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL).

Kolesterol low-density lipoprotein (LDL), yang oleh dokter disebut kolesterol "jahat", dapat menumpuk di dinding arteri dan menyebabkan penyumbatan. Sementara itu, kolesterol high-density lipoprotein (HDL), yang disebut kolesterol "baik", membantu menjauhkan kolesterol LDL dari arteri Anda.

Kolesterol tinggi tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi anak-anak juga bisa menderitanya.

Ada beberapa penyebab mengapa anak memiliki kolesterol tinggi, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Makanan
Lemak jenuh dan lemak trans adalah jenis lemak yang terdapat pada makanan tertentu. Jenis lemak ini akan menyebabkan hati memproduksi lebih banyak kolesterol dari kebutuhan tubuh.
Ketika makanan anak mengandung lemak jenuh dan trans dalam jumlah tinggi, itu dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa obesitas pada anak juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans meliputi:

  • Keju tinggi lemak

  • Daging tinggi lemak

  • Susu dan krim utuh

  • Mentega

  • Es

  • Minyak sawit dan kelapa

  • Makanan olahan seperti makanan yang dipanggang, keripik, dan tumis

Untuk menjaga pola makan yang sehat, AHA merekomendasikan anak usia 2 hingga 3 tahun menerima asupan lemak total 30 hingga 35 persen dari kalori hariannya.

Organisasi tersebut juga merekomendasikan agar anak-anak usia 4 hingga 18 tahun mendapatkan 25 hingga 35 persen kalori harian mereka dari lemak.

Diabetes
Seorang anak dengan diabetes mungkin berisiko lebih tinggi terkena kolesterol tinggi. Diabetes menyebabkan keadaan yang disebut dislipidemia diabetik, yang menurunkan kadar HDL dan meningkatkan kadar LDL.
Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa dari 202 anak dengan diabetes, 26,2% menderita dislipidemia.

Aterosklerosis
Aterosklerosis adalah suatu keadaan timbunan lemak, yang dikenal sebagai plak, menumpuk di arteri seseorang. Plak terdiri dari komponen-komponen berikut:

  • Kolesterol
  • Tubuh gemuk
  • Puing seluler
  • Sepak bola
  • Fibrin, zat pembekuan darah

Penyebab aterosklerosis belum diketahui, walaupun dokter percaya itu berkembang di masa kanak-kanak. Meskipun anak-anak tidak mungkin menimbulkan masalah, aterosklerosis dapat menyebabkan komplikasi kesehatan jika berlanjut hingga dewasa.

Hiperkolesterolemia familial (HF)
Familial hypercholesterolemia (FH) adalah penyakit genetik yang dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Menurut FH Foundation, 1 dari 250 orang di dunia terkena penyakit ini.
FH menyebabkan tingginya kadar kolesterol LDL karena mutasi pada gen yang bertanggung jawab untuk menghilangkan kolesterol dari tubuh. Ketika tubuh tidak membuang kolesterol dengan benar, kolesterol dapat menumpuk di arteri dan menyebabkan aterosklerosis.
Kondisi ini bersifat genetik, penderita HF memiliki peluang 50% untuk menularkannya kepada anaknya.

Ingatlah untuk menggunakan Propomix Propolis untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk pemesanan, silahkan hubungi kami di bawah ini.

Pesanan Propomix

Pusat Habbatussauda Extra Propolis Terbaru Jakarta

Posting by Admin

Pusat Habbatussauda Extra Propolis Terbaru Jakarta Selamat Datang di Portal Web Berisolusi.my.id PROPOMIX dapat Menjadi Opsi perantara Kesembuhan Keluarga.PROPOMIX merupakan cairan herbal Berbahan propolis herbal 100% alami asli hasil dari lebah dan jintan hitam (habbatussauda) Mesir 100% alami yang bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh (Imunitas Tubuh). Memiliki banyak keunggulan d



130 Kali